Algoritma Baru Youtube, Menguntungkan Kreator?

Algoritma Baru Youtube

Sebagai bentuk dukungan terhadap kreator atau Youtubers, CEO Youtube, Susan Wojicki membuat gebrakan untuk Youtube. Mengutip dari 9to5google, Youtube kini menampilkan setengah dari konten trending berisi konten dari para kreator alias Youtuber.

Perubahan ini disampaikan Susan dalam halaman blog kreator Youtube. Susan mengajak kreator konten untuk fokus pada tiga hal, yakni: (1) Menjaga tanggung jawab, (2) Mendukung kreator dan kesuksesan seniman, dan (3) Meningkatkan komunikasi dan engagement.

Tulisan Susan tersebut menjawab kritikan selama ini dimana Youtube tampak mengacuhkan dan tidak merefleksikan apa yang pengguna lihat di halaman Youtube. Selain itu ada pula kritikan dimana kreator yang sama muncul berulang kali.

Menanggapi kritikan tersebut, Susan menyebutkan bahwa Youtube sangat berhati-hati dalam menampilkan konten yang menarik dan tidak berbahaya bagi penonton. Oleh sebab itu video yang muncul terkadang hanya dari kreator tertentu.

Algoritma Baru Youtube

Sehingga untuk menampilkan konten yang lebih baik dan bervariasi, Susan akan membuat setengah dari halaman trending akan diisi oleh konten dari kreator.

Baca juga  Khusus untuk Jomblo, Facebook Dating Punya Fitur Baru

Selain perubahan untuk halaman trending, Susan juga berencana akan membuka ruang untuk para kreator baru dan kreator game. Jadi setiap kreator memiliki peluang besar untuk sukses di Youtube.

Dalam beberapa waktu kedepan Youtube juga akan mengubah standar penilaian suatu video, jadi bukan hanya dari like dan viewers-nya saja.

Kira-kira apa ya perubahan Youtube selanjutnya? Menarik untuk ditunggu nih.