Cara Agar WhatsApp Tidak Menggunakan Banyak Memori Ponsel

Cara Agar WhatsApp Tidak Menggunakan Banyak Memori Ponsel

WhatsApp merupakan aplikasi chatting paling populer di dunia. Tak heran jika hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi yang satu ini.

WhatsApp memang aplikasi yang mudah digunakan, ringan, memiliki fitur yang lengkap, bisa mengirim beragam file seperti foto, video, suara juga dokumen.

Pengguna dengan mudah bisa mengirim file baik lewat obrolan pribadi maupun lewat grup WhatsApp. Alhasil, file-file tersebut banyak memakan memori ponsel.

Akhirnya membuat ponsel menjadi lemot saat digunakan. Mengurangi penggunaan memori oleh WhatsApp menjadi solusi agar ponsel tidak lemot tanpa harus menghapus aplikasi.

Untungnya ada beberapa cara mengatasi agar WhatsApp tidak memakan banyak memori ponsel. Jadi tetap nyaman menggunakan WhatsApp sehari-hari. Langsung saja simak caranya berikut ini.

Cara Agar WhatsApp Tidak Memakan Banyak Memori

Cara Agar WhatsApp Tidak Memakan Banyak Memori

1. Matikan Fitur Auto Download File

Secara default WhatsApp akan men-download file yang dikirim baik itu foto, video atau dokumen lain. Kamu harus mematikan auto download melalui pengaturan.

Caranya buka menu Setting (pengaturan), klik menu Storage and Data (penyimpanan dan data). Selanjutnya pada pengaturan penggunaan data seluler dan WiFi, hapus semua centang foto, audio, video dan dokumen.

Baca juga  Cara Aktifkan/Nonaktifkan Notifikasi WhatsApp di Ponsel Android

2. Hapus Chat Berukuran Besar

Besaran ukuran tiap chat WhatsApp berbeda tergantung seberapa sering chatting dan isi dari chat tersebut. Semakin lama serta semakin banyaknya media yang diterima seperti foto, video maupun dokumen.

Maka akan semakin banyak pula memakan memori ponsel. Kamu bisa menghapus chat yang sudah lama dan berukuran besar untuk mengurangi penggunaan memori.

3. Hapus File Media Berukuran Besar

Selain menghapus keseluruhan chat, kamu masih memiliki pilihan untuk menghapus hanya file media di dalam chat saja agar tidak boros memori.

Kamu bisa menghapus file media melalui Setelan> Penyimpanan dan Data> Kelola Penyimpanan. Selanjutnya hapus file berdasarkan chat tiap kontak.

4. Aktifkan Backup Chat

Untuk mengurangi penggunaan memori internal yang digunakan WhatsApp, kamu bisa mengaktifkan fitur cadangkan chat.

Caranya, buka Setelan> Chat> Cadangkan Chat. Kamu bisa memilih lokasi cadangan di Google Drive atau iCloud. Masukkan email untuk menerima file cadangan.

5. Kurangi Melihat Status Teman

Setiap kali melihat status foto atau video, maka secara otomatis status tersebut akan di-download terlebih dahulu. File yang telah di-download akan disimpan di memori internal.

Baca juga  Mudah, Begini Cara Pindahkan Chat dari WhatsApp ke Telegram

Semakin banyak status yang kamu lihat, maka semakin banyak pula file yang di-download oleh WhatsApp yang akan menggunakan ruang penyimpanan perangkat.