Mudah, Ini Dia 3 Cara Cek IMEI Ponsel Samsung (One UI)

cek imei hp samsung

IMEI adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh Asosiasi GSM untuk setiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh produsen ponsel.

Saat ini penting untuk memeriksa International Mobile Equipment Identity (IMEI) karena adanya larangan penggunaan ponsel black market (BM) di Tanah Air.

Jika IMEI tidak terdaftar di Kemenperin maka ponsel dengan IMEI yang tidak terdaftar tersebut akan diblokir dan tidak bisa menggunakan jaringan seluler.

Lalu, bagaimana cara cek IMEI di ponsel Samsung? Setidaknya ada 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk melihat IMEI di ponsel kesayanganmu.

1. Cek IMEI di kotak ponsel

Setiap produsen ponsel menempelkan stiker IMEI di kotak setiap ponsel yang mereka jual. Kamu bisa cek kotak ponsel kesayanganmu. Jika kotak tertinggal di rumah, kamu bisa cek menggunakan cara berikutnya.

2. Cek IMEI via dial telepon (USSD)

IMEI sebuah ponsel juga bisa dicek melalui aplikasi telepon dengan memanggil nomor dan kode tertentu atau dial USSD. Kamu bisa ketikan *#06#, maka akan muncul nomor IMEI di layar ponsel.

Baca juga  Cara Membersihkan RAM di Ponsel Samsung (One UI 2)

3. Cek IMEI melalui menu pengaturan

Kamu juga bisa melihat IMEI melalui menu pengaturan. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke Pengaturan (Setting), lalu masuk ke menu Tentang telepon (About phone). Selanjutnya kamu bisa melihat nomor IMEI setiap slot kartu SIM.

Setelah mengetahui nomor IMEI ponsel, kamu bisa langsung cek IMEI tersebut di situs kemenperin dengan mengunjungi halaman ini https://imei.kemenperin.go.id/.

Selanjutnya masukkan IMEI di kolom pencarian, lalu klik tombol cari. Jika IMEI yang terdaftar akan muncul tulisan “IMEI terdaftar di database Kemenperin.”

Loading...