Cara Nonaktifkan Cadangan iCloud di iPhone

Cara Nonaktifkan Cadangan iCloud di iPhone

iCloud merupakan layanan penyimpanan awan yang dimiliki oleh Apple Inc. iCloud memungkinkan pengguna melakukan sinkronisasi data seperti foto, video, musik, dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan Komputer secara otomatis pada waktu bersamaan.

Sehingga dengan adanya iCloud pengguna bisa mengakses data yang telah disinkron kapanpun dan dimanapun tanpa perlu mem-backup secara manual.

Namun, karena sejumlah alasan membuat pengguna iPhone memilih untuk tidak mengaktifkan layanan komputasi awan ini. Baik karena alasan untuk menghemat kuota maupun karena tidak ingin mengeluarkan biaya berlangganan.

Sebagaimana diketahui bahwa setiap pengguna produk Apple mendapatkan penyimpanan gratis 5 GB. Jika lebih dari, maka harus berlangganan untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Biaya berlangganan sebenarnya cukup terjangkau, mulai dari Rp 15.000 per bulan. Namun, sebagian pengguna memilih untuk tidak mengeluarkan biaya lebih untuk penyimpanan tambahan.

Secara default sinkronisasi iCloud sudah diaktifkan, namun masih bisa dinonaktifkan jika merasa tidak perlu menggunakan ruang penyimpanan gratis tersebut. Untuk cara menonaktifkan cadangan iCloud silahkan ikuti langkah-langkah berikut.

Baca juga  iOS di iPhone Bakal Ganti Nama Menjadi iPhoneOS?

Cara Nonaktifkan Cadangan iCloud di iPhone

  • Buka Pengaturan.
  • Masuk ke Apple ID.
  • Selanjutnya pilih iCloud.
  • Gulir kebawah, lalu pilih Cadangan iCloud.
  • Terakhir, nonaktifkan dengan cara klik tombol on/off Cadangan iCloud.
Cara Nonaktifkan Cadangan iCloud di iPhone

Dengan menonaktifkan cadangan iCloud, maka kamu tidak perlu lagi menonaktifkan app yang menggunakan iCloud satu per satu seperti aplikasi dan game.

Jika belum membutuhkan cadangan untuk iPhone, kamu bisa menonaktifkan iCloud terlebih dahulu. Namun jika ingin mengganti perangkat, sebaiknya aktifkan kembali agar proses sinkronisasi data ke perangkat baru lebih mudah.