Cara Sembunyikan Foto dan Video di Samsung Galaxy (One UI)

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang cara menyembunyikan foto/video di ponsel Xiaomi. Namun tahukah kamu bahwa ponsel Samsung juga bisa melakukan hal yang sama?

Yap, bahkan tidak hanya menyembunyikan foto maupun video. Di Samsung Galaxy yang menjalankan antarmuka One UI juga bisa menyembunyikan aplikasi beserta isi atau datanya.

Namun pada kesempatan kali ini kami hanya fokus kepada cara menyembunyikan foto dan video saja. Sedangkan untuk yang lainnya bisa kamu explore setelah menyimak langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Samsung

  1. Buka panel notifikasi dengan cara tarik bagian atas layar ke bawah dua kali sampai semua pintasan tombol muncul semua. Lalu, geser ke kiri dan aktifkan Folder Aman.
  2. Tutup panel notifikasi, lalu buka daftar aplikasi untuk menemukan Folder Aman.
  3. Masuk ke Folder Aman, masukkan kunci pola. Pertama kali mengakses Folder Aman kamu akan diminta untuk membuat pola kunci. Silahkan buat pola yang berbeda dengan kunci layar smartphone kamu.
  4. Di dalam folder aman kamu akan melihat sejumlah aplikasi dan dua tombol di bawah untuk menambahkan Aplikasi dan File.
  5. Klik Tambah file untuk menambahkan file gambar atau video. Lalu, tandai foto dan video yang ingin disimpan. Setelah selesai menandai, lalu klik Selesai untuk memindahkan atau menyalin file ke Folder Aman.
Cara Sembunyikan Foto dan Video di Samsung One UI

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, masih di dalam Folder Aman kamu bisa masuk ke Galeri untuk melihat file yang baru ditambahkan.

Baca juga  Cari HP Baru? Ini Rekomendasi 5 Smartphone RAM 4 GB Harga 2 Jutaan di 2019

Selain menambahkan langsung dari Folder Aman, kamu juga bisa menambah file langsung dari Galeri dengan cara:

  • Buka Galeri.
  • Pilih gambar/video atau tandai beberapa file.
  • Selanjutnya klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar.
  • Terakhir, klik Pindahkan ke Secure Mode.
Cara Sembunyikan Foto dan Video di Samsung

Cara Mengembalikan File Tersembunyi ke Galeri

Sedangkan untuk mengembalikan gambar dari Folder Aman ke Galeri, kamu bisa masuk ke Folder Aman, pilih Galeri, pilih atau tandai beberapa file yang ingin dipindahkan.

Selanjutnya klik ikon titik tiga di pojok kanan atas layar, lalu pilih Keluarkan dari Folder Aman. Maka semua file yang ditandai akan diproses untuk dikembalikan ke Galeri.

Cara Sembunyikan Foto dan Video di Samsung

Selain menyembunyikan gambar dan video di Folder Aman, kamu juga bisa menyimpan file dari aplikasi File Saya (File Manager) dan aplikasi lainnya.

Itulah cara menyembunyikan gambar dan video di HP Samsung Galaxy One UI. Cara dalam artikel ini diuji pada Galaxy A50. Kamu juga bisa mencoba di Galaxy A Series dan lainnya yang juga menjalankan antarmuka One UI.