Cara Sembunyikan Foto dan Video di HP Samsung, Aman Dilindungi Sandi

Sebelumnya kami sudah pernah membahas tentang cara menyembunyikan foto/video di ponsel Xiaomi. Namun tahukah kamu bahwa ponsel Samsung juga bisa melakukan hal yang sama?

Yap, bahkan tidak hanya menyembunyikan foto maupun video. Di Samsung Galaxy yang menjalankan antarmuka One UI juga bisa menyembunyikan aplikasi beserta isi atau datanya.

Namun pada kesempatan kali ini kami hanya fokus kepada cara menyembunyikan foto dan video saja. Sedangkan untuk yang lainnya bisa kamu explore setelah menyimak langkah-langkah berikut ini.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Samsung

  1. Buka panel cepat (pusat kontrol) dengan cara tarik bagian atas layar ke bawah lalu cari dan aktifkan Folder Aman. Jika tidak ada Folder Aman, kamu bisa tekan ikon tambah untuk menambahkan Folder Aman.
  2. Tutup panel cepat, lalu buka daftar aplikasi untuk menemukan Folder Aman.
  3. Masuk ke Folder Aman, masukkan kunci pola. Pertama kali mengakses Folder Aman kamu akan diminta untuk membuat pola kunci. Silakan buat pola yang berbeda dengan kunci layar smartphone.
  4. Di dalam folder aman kamu akan melihat sejumlah aplikasi yang mendukung untuk disembunyikan.
  5. Pilih aplikasi untuk melihat file yang disembunyikan, misalnya buka Galeri untuk melihat file di Galeri yang disembunyikan.
Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Samsung

Setelah menyelesaikan semua langkah di atas, berarti kamu sudah berhasil membuat Folder Aman untuk menyembunyikan foto maupun video.

Banyak dibaca :  Cara Mengaktifkan Ketuk Layar 2 Kali di HP Samsung Galaxy A13

Selanjutnya cara menyembunyikan foto dan video dari Galeri ke Folder Aman. Simak langkah berikut ini:

  • Buka Galeri.
  • Pilih gambar/video atau tandai beberapa file dengan cara klik dan tahan pada foto/video.
  • Selanjutnya pilih Lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan bawah layar.
  • Terakhir, klik Pindahkan ke Folder Aman.

Cara Mengembalikan File Tersembunyi ke Galeri

Sedangkan untuk mengembalikan gambar dari Folder Aman ke Galeri, kamu bisa masuk ke Folder Aman, pilih Galeri, pilih atau tandai beberapa file yang ingin dipindahkan.

Selanjutnya pilih Lainnya (ikon titik tiga) di pojok kanan bawah layar, lalu pilih Keluarkan dari Folder Aman. Maka semua file yang ditandai akan diproses untuk dikembalikan ke Galeri.

Cara Menyembunyikan Foto dan Video di HP Samsung

Sembunyikan Folder Aman

Setelah menambahkan file ke dalam Folder Aman, kamu bisa menyembunyikan folder tersebut dari dalam daftar aplikasi. Caranya, buka pusat kontrol atau panel cepat, lalu tekan Folder Aman untuk menonaktifkan.

Maka, Folder Aman akan menghilang dari daftar aplikasi, jadi tidak terlihat sehingga tidak terlihat oleh orang lain yang menggunakan ponsel milikmu.

Banyak dibaca :  Cara Screenshot dan Rekam Layar Samsung Galaxy M23 dan M33 5G

Selain menyembunyikan gambar dan video di Folder Aman, kamu juga bisa menyimpan file dari aplikasi File Saya (File Manager) dan file dari aplikasi lainnya yang muncul di dalam Folder Aman.

Itulah cara menyembunyikan foto dan video di HP Samsung. Cara dalam artikel ini diuji dan di-update menggunakan Galaxy A52s yang menjalankan antarmuka One UI 4.0.

Cara di atas juga akan terus di-update jika ada perubahan. Kamu juga bisa mencoba di HP Samsung lainnya yang juga menjalankan antarmuka yang sama atau versi One UI terdahulu. Selamat mencoba!