Review Aspire 5 Slim Creator Edition: Bekerja Multitasking Makin Maksimal dan Praktis Dibawa Kemana Saja

Review Acer Aspire 5 Slim Creator Edition
Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Berkembangnya era digitalisasi membuat content creator bermunculan. Mereka tentu saja membutuhkan laptop content creator untuk mempermudah membuat konten, menyalurkan ide-ide dan mengunggahnya di sosial media. Terlebih, membuat konten video umumnya bisa lebih kompleks dari konten lainnya. Alasannya, pada pembuatan video bisa berupa gabungan dari seluruh jenis konten yang ada. 

Konten video bisa memuat isi berupa gambar, suara, dan tulisan, sehingga umumnya akan memerlukan waktu yang lebih lama. Tentu saja, mobilitas tinggi juga menjadi bagian penting untuk content creator dalam membuat konten untuk pengambilan gambar atau video. Para content creator yang mempunyai mobilitas tinggi pasti membutuhkan laptop tipis dan ringan agar mudah dibawa ke mana saja. Selain itu, spesifikasi yang tinggi juga diperlukan untuk mengedit serta merender video. 

Menjawab kebutuhan content creator, Acer menghadirkan laptop Acer Aspire 5 Slim (A515-57G) beberapa bulan lalu. Kami sudah mencobanya dan mari kita simak ulasan review lengkapnya berikut ini.

Performa Tinggi

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Kami melihat laptop ini sudah didukung prosesor Intel® Core™ i5-1240P yang memang cocok digunakan para content kreator untuk menyelesaikan semua pekerjaannya. Prosesor ini memiliki total 10 core (2P core + 8E core) dan 12 threads. Kinerjanya juga didukung dengan RAM 8 GB DDR4 yang bisa ditingkatkan hingga 24 GB dan penyimpanan berjenis SSD NVMe dengan kinerja cepat yang memiliki kapasitas bawaan sebesar 512 GB.

Baca juga :  Laptop Predator Triton 300 SE: Fitur Unggulan Siap Puaskan Gamer dan Kreator Konten

Pilihan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050 series atau NVIDIA GeForce MX550 ini memang cocok menemani aktivitas para content creator. Kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 2050 menghadirkan dukungan fitur ray tracing dan AI yang mutakhir. Kemampuannya didukung teknologi NVIDIA Optimus yang memberikan keseimbangan antara daya tahan baterai yang lama dan kinerja optimal.

Lebih dari 150 aplikasi dan game menggunakan teknologi RTX untuk menghadirkan grafik realistis atau fitur AI baru yang mutakhir seperti NVIDIA DLSS (Deep Learning Super Sampling) dan NVIDIA Broadcast. Tensor Cores khusus memberikan peningkatan kecepatan pada game dengan kualitas gambar.

Sementara NVIDIA GeForce MX550 memiliki performa yang tidak kalah powerful. Dibuat dengan arsitektur NVIDIA Turing dan kecepatan memori yang lebih baik dari sebelumnya, MX550 memberikan kemampuan editing foto dan video, serta gaming lebih cepat jika dibandingkan dengan integrated graphics terbaru. Kinerjanya lebih lancar dengan teknologi NVIDIA Optimus yang menawarkan performa sempurna dari kombinasi baterai tahan lama dan performa yang optimal. 

Saat kami mencoba mengedit video menggunakan Acer Aspire 5 Slim (Creator Edition) dengan aplikasi Adobe Premiere, proses render video berjalan sangat mulus dan tanpa hambatan. Begitupun saat mengedit foto dengan Adobe Photoshop, hasilnya memuaskan.

Baca juga :  Review Acer Predator Helios 300: Tetap Dingin di Performa Tertinggi

Tak hanya itu, Acer Aspire 5 Slim (Creator Edition) didukung teknologi Acer PurifedVoice dengan AI Noise Reduction yang dapat mengurangi kebisingan di latar belakang. Fitur ini juga kompatibel dengan headphone serta mikrofon eksternal. Sehingga, Anda dapat melakukan meeting di mana pun, tanpa khawatir adanya noise. Laptop ini memiliki webcam dengan teknologi Acer TNR Solution yang mampu menangkap foto dan video lebih baik dari webcam biasa. Teknologi ini mendeteksi dan mendiagnosis noise dan menyatukannya dengan frame lain untuk menghasilkan gambar berkualitas lebih baik, bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

Desain dan Layar

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Laptop Acer Aspire 5 Slim (Creator Edition) ini punya dua pilihan layar agar lebih sesuai untuk keperluan para penggunanya, yaitu 14 inci dan 15 inci. Keduanya memiliki jenis panel beresolusi Full HD dengan teknologi In-Plane Switching (IPS) serta Acer Color Intelligence. Laptop ini mendukung cakupan spektrum warna 100% sRGB. Layarnya menghadirkan tampilan visual lebih natural, lebih cerah, dan kaya warna.

Laptop ini juga memiliki sistem pendingin yang bisa diandalkan melalui desain air inlet keyboard, ukuran kipas yang lebih besar dan elevated hinge design sehingga performanya tetap optimal, efektif, dan efisien. Bahkan, Anda bisa mengatur mode performa sistem pendingin melalui fitur multiple cooling modes.

Acer Aspire 5 Slim Creator Edition

Dilihat dari di sisi kanan dan sisi kiri laptop terdapat beberapa port seperti Headphone/speaker jack, sebuah port HDMI 2.1 dengan dukungan HDCP, port USB Type-C yang mendukung standar Thunderbolt 4 hingga 40Gbps, USB charging 5 V; 3 A, DC-in port 20 V; 65 W, serta dua port USB-A 3.2 yang salah satunya berfungsi sebagai port charging. 

Baca juga :  Review Acer Aspire Vero National Geographic, Laptop Edisi Spesial Dukung Pelestarian Lingkungan

Kesimpulan

Karena ditujukan untuk content kreator, sudah pasti performa Acer Aspire 5 Slim (Creator Edition) tidak perlu diragukan lagi. Software edit foto dan video mampu berjalan mulus di laptop ini. Ini tidak lepas dari dukungan prosesor terbaru Intel® Core™ generasi ke-12, ditambah RAM DDR4 yang bisa di-upgrade serta penyimpanan berjenis NMVe SSD yang juga bisa diperluas. Terlebih lagi, pilihan layar 14 inci dan 15 inci ini membuat kegiatan edit foto dan video lebih nyaman. Pekerjaan multitasking yang dilakukan di laptop ini juga bisa maksimal dan berjalan lancar bagi kamu yang bermobilitas tinggi.

Bagi Anda para content kreator wajib memiliki Acer Aspire 5 Slim (Creator Edition) yang bisa dibeli di Acer Official Store Indonesia baik secara online maupun offline dengan harga mulai dari Rp 11.799.000. Microsoft Office Home & Student 2021 dan sistem operasi Windows 11 Home terbaru yang sudah disertakan dalam setiap pembelian laptop ini.