Review EZVIZ BC1C dan Solar Panel, Kamera Pengawas dengan Charging Praktis

Review EZVIZ BC1C dan Solar Panel
EZVIZ BC1C dan Solar Panel

Kamera pemantau alias CCTV memang saat ini menjadi suatu teknologi penting guna meningkatkan keamanan.

EZVIZ bersama rangkaian produknya yang ciamik bisa menjadi solusi tepat untuk mengamankan lingkungan sekitar Anda.

Pada bulan Juli kemarin, EZVIZ resmi meluncurkan perangkat kamera pengawas terbarunya ke Indonesia yakni EZVIZ BC1C bersama dengan Solar Panel.

EZVIZ BC1C sendiri merupakan kamera yang didukung baterai isi ulang, bebas kabel, dan mudah dipasang untuk memberikan pengawasan yang menyeluruh.

Sedangkan Solar Panel sendiri adalah perangkat yang dapat menyerap daya dari sinar matahari dan mengalirkannya ke baterai EZVIZ BC1C, sehingga menjadikan keduanya kombinasi yang sempurna.

Guna menelisik lebih dalam terkait keunggulan EZVIZ BC1C dan Solar Panel, berikut kami uraikan hasil reviewnya untuk Anda.

Keunggulan EZVIZ BC1C

Review EZVIZ BC1C

EZVIZ BC1C dirancang untuk memberikan pengawasan yang optimal di luar ruangan, sehingga sangat efektif untuk meningkatkan keamanan atau antisipasi atas kejahatan yang sedang marak terjadi seperti pencurian motor dan mobil.

Perangkat ini juga sangat efisien untuk memberikan pengawasan yang optimal pada malam hari.

Hal itu lantaran fitur Active Defense yang tersemat di EZVIZ BC1C eLife didukung oleh dua lampu sorot.

Nantinya, Fitur Active Defense ini memungkinkan EZVIZ C8C secara otomatis menyalakan lampu sorot jika ada gerakan mencurigakan. Fitur ini memberikan pengawasan yang sempurna baik pagi atau malam hari.

Selain itu, EZVIZ BC1C juga mampu mengintegrasikan sensor PIR dan algoritma untuk mendeteksi manusia. 

Sehingga secara cerdas kamera ini dapat membedakan manusia dengan objek bergerak lainnya dengan memilih berbagai metode untuk mendeteksi gerakan melalui aplikasi EZVIZ.

Saat kamera mendeteksi gerakan manusia, notifikasi akan dikirim langsung ke smartphone Anda  melalui aplikasi EZVIZ. 

Menariknya lagi, ketika objek manusia terdeteksi, BC1C akan secara otomatis menyalakan sirine dan lampu sorot untuk memberitahu bahwa gerakan mereka telah terdeteksi oleh kamera pengintai canggih ini.

Fitur Menawan EZVIZ BC1C Lainnya

Review EZVIZ BC1C

Hal menarik lainnya yang bisa Anda temukan di perangkat EZVIZ BC1C ini ialah Anda akan mampu melihat, mendengar, sampai mengobrol dengan orang yang berada di depan kamera BC1C lewat aplikasi EZVIZ pada ponsel Anda.

Baca juga :  Review EZVIZ C6: CCTV Indoor dengan kualitas rekaman 2K dan Desain Unik

Melalui fitur Customizable voice messages, Anda bisa membuat pesan suara yang unik untuk menyambut atau mengusir seseorang.

Bagi Anda yang setiap harinya sering berpergian, EZVIZ BC1C bisa diandalkan untuk dijadikan ‘satpam virtual’.

Sebab, kamera pengawas ini didukung fitur Two-Way Talk (Pembicaraan dua arah) yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga di rumah, terutama saat kamu sedang bepergian.

Selain itu, EZVIZ BC1C juga mampu menampilkan video H.265 yang mendukung teknologi kompresi canggih. 

Kualitas video yang dihasilkan lebih baik dengan hanya separuh bandwidth dan separuh ruang penyimpanan jika dibandingkan dengan kompresi video standar H.264.

Soal internal, BC1C mendukung penyimpanan jenis eMMC dengan kapasitas 32 GB. 

EZVIZ menyediakan opsi penyimpanan lainnya dengan EZVIZ CloudPlay yang membuat penyimpanan data lebih aman. 

EZVIZ CloudPlay memberikan pengalaman untuk penyimpanan tak terbatas dan aman untuk Anda dengan berlangganan paket penyimpanan  EZVIZ  CloudPlay.

Terakhir, kamera pengawas ini didukung 2.4 GHz Wi-Fi untuk memberikan koneksi internet yang stabil.

Desain EZVIZ BC1C

Review EZVIZ BC1C

Desain EZVIZ BC1C tentu dibuat sekokoh mungkin, sepadan dengan manfaat perangkat ini yang ditujukan untuk penggunaan di luar ruangan. 

Seperti yang diketahui, penggunaan perangkat di luar ruangan tentu rentan akan debu dan air.

Oleh karenanya EVIZ BC1C eLife sudah dilindungi oleh sertifikasi IP66 sehingga aman dari gangguan keduanya.

Sertifikasi IP66 pada EVIZ BC1C juga mampu memberikan perlindungan jangka panjang, meski dalam kondisi cuaca yang paling ekstrem sekalipun.

Sehingga Anda tak perlu khawatir EZVIZ BC1C eLife cepat rusak, lantaran perangkat ini dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk mempermudah pemasangan, kamera pengawas ini mengusung desain tanpa kabel yang rumit.

Memiliki dimensi 104.76 × 62.80 × 62.80 mm (4.12 × 2.47 × 2.47 inci) dan bobot 365g, kamera pengawas ini cukup ringan ketika dibawa kemana saja.

Sehingga mempermudah Anda ketika ingin memasang EVIZ BC1C eLife di atap rumah, kantor, atau tempat lainnya. 

Lebih lanjut, pada bagian depan EZVIZ BC1C eLife terdapat lampu kamera, lampu LED Notifikasi, dan dua buah lampu sorot. Sedangkan di bagian belakang EZVIZ BC1C eLife terdapat lubang untuk mounting. 

Baca juga :  Review EZVIZ C6: CCTV Indoor dengan kualitas rekaman 2K dan Desain Unik

Beralih kebagian bawah terdapat port micro-usb untuk charging, speaker, QR Code, serta tombol power dan reset. Sementara di sisi kanan dan kiriter terdapat dapat logo EZVIZ.

Desain Solar Panel

Review EZVIZ Solar Panel

Selanjutnya menyoal desain EZVIZ Solar Charging Panel, perangkat ini berbahan Surya Silikon Monokristalin yang disandingkan dengan Kayu Laminasi PET. 

Kemudian untuk kerangka Solar Charging Panel, dibuat dengan daya tahan tinggi, sekrup stainless steel, dan panel surya yang tahan cuaca. 

Dimensi dari Solar Charging Panel ialah seluas 292,3 × 194,3 × 15,1 mm dengan bobot 1045 g, sehingga cukup ringan ketika digenggam dan dipasang. 

Menariknya lagi, EZVIZ Solar Charging Panel juga dilengkapi braket yang dapat diputar hingga 360 derajat serta kabel sepanjang 4 meter, sehingga lebih mudah untuk dipasang di atap rumah atau kantor. 

EZVIZ Solar Charging Panel dibalut dengan desain Weatherproof sehingga aman dari terpaan hujan, debu, salju, dan sinar matahari.

Perangkat ini juga sudah dilindungi oleh sertifikasi IP65 sehingga kedua kombinasi desain tersebut membuat EZVIZ Solar Charging Panel kuat bertahan dalam segala kondisi cuaca.

Cara Pemasangan EZVIZ BC1C  dan  Solar Charging Panel

Selain menarik dari segi fungsi dan desain, pemasangan EZVIZ BC1C eLife pun cukup mudah.

Anda hanya perlu memasangnya di atap rumah ataupun atap kantor dengan mengandalkan bracket dan baut yang disertakan dalam box EZVIZ BC1C eLife. 

Begitu pun dengan Solar Charging Panel, perangkat ini juga mudah untuk dipasang di atap rumah atau atap kantor bracket dan baut yang disertakan dalam box Solar Charging Panel. 

Sebagai tips, Anda dianjurkan untuk meletakkan CCTV EZVIZ BC1C eLife berdekatan dengan Solar Charging Panel agar lebih mudah ketika dicharge. 

Alhasil, nantinya sekalipun tempat pemasangan jauh dari stop kontak listrik, Anda tidak perlu khawatir untuk mengisi daya EZVIZ BC1C eLife ketika kehabisan daya karena bisa di charge dengan Solar Charging Panel.

Cara Menghubungkan EZVIZ BC1C dengan Aplikasi

Ketika perangkat EZVIZ BC1C eLife beserta Solar Charging Panel sudah rampung dipasang, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah menghubungkannya dengan aplikasi.

Cara yang pertama ialah Anda bisa download aplikasi EZVIZ di  Google Play Store dan App Store untuk smartphone berbasis Android dan iOS. Setelah itu, Anda hanya perlu membuat akun dan verifikasi diri. 

Baca juga :  Review EZVIZ C6: CCTV Indoor dengan kualitas rekaman 2K dan Desain Unik

Kemudian klik icon + pada aplikasi EZVIZ untuk menambahkan perangkat. Lalu pilih kamera, dan scan barcode yang terdapat di bagian bawah body EZVIZ BC1C eLife. 

Langkah berikutnya, hubungkan dengan koneksi WiFi. Setelah semua proses selesai, Anda sudah bisa menggunakan EZVIZ BC1C eLife.

Solar Panel Untuk Bahan Daya EZVIZ BC1C

Pengisian daya menggunakan EZVIZ BC1C eLife dengan Solar Charging Panel juga sangat mudah.

Anda cukup mencolokkan kabel USB pada Solar Charging Panel. Selanjutnya, lampu indikator pada kamera pengawas EZVIZ BC1C eLife akan menyala saat mengisi daya. 

Sebelum itu, pastikan Solar Charging Panel diletakkan di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung. Tujuannya agar Solar Charging Panel mampu menyerap sinar matahari secara maksimal sebagai sumber tenaganya.

Sekedar informasi, EZVIZ Solar Charging Panel mampu menghasilkan daya hingga 6,18 W untuk pemakaian lebih lama.

Untuk menyerap maksimal tenaga surya sebaiknya jemur Solar Charging Panel di bawah sinar terik matahari langsung selama 30 menit hingga 1 jam, lalu sudah bisa digunakan untuk mengisi daya EZVIZ BC1C eLife.

Berdasarkan hasil pengujian ketat di lab EZVIZ, dalam kondisi standar, baterai 7.800 mAh pada EZVIZ BC1C eLife dapat menyediakan waktu siaga hingga 210 hari dengan sekali pengisian daya. 

Saat kami mencobanya pun daya baterai EZVIZ BC1C eLife sangat awet jika dibiarkan menyala terus menerus sepanjang hari.

Kesimpulan dan Harga

Melihat keunggulan dari EZVIZ BC1C eLife dan Solar Charging Panel, nampaknya tidak ada alasan lain untuk ragu memboyong keduanya demi kebutuhan keamanan lingkungan sekitar, terutama guna pengawasan luar ruangan.

Apalagi kedua perangkat ini memiliki banderol harga yang cukup terjangkau, meski dijual secar terpisah.

EZVIZ BC1C eLife dibanderol seharga Rp1.790.000, sementara EZVIZ Solar Charging Panel dijual dengan harga Rp349.000.

Desain yang tahan air dan debu serta memiliki daya baterai yang sangat irit dapat Anda jadikan alasan utama untuk meminang EZVIZ BC1C berikut EZVIZ Solar Charging Panel.

EZVIZ  BC1C  eLife dan Solar Charging Panel dapat dibeli secara online di EZVIZ Official Store yang ada di Tokopedia, Shopee, atau EZVIZ Store terdekat. Untuk informasi lebih lanjut tentang EZVIZ BC1C dan Solar Charging Panel bisa dilihat di situs resmi EZVIZ (https://www.ezviz.com/id/product/bc1c-elife/34094 dan https://www.ezviz.com/id/product/solar-charging-panel/36731), follow @ezviz.idn di Instagram, atau buka halaman Facebook EZVIZ di https://www.facebook.com/EZVIZIndonesia.