7 Topik yang Paling Banyak Dibicarakan Netizen Tahun 2018

Topik yang Paling Banyak Dibicarakan Netizen Tahun 2018

Kita tinggalkan tahun 2018 yang berisi banyak kenangan. Mulai dari kenangan yang membanggakan hingga kenangan duka seperti musibah di Palu dan Donggala, serta yang terakhir Tsunami Selat Sunda.

Tahun 2018 juga disebut sebagai tahun politik dan olahraga. Pilkada serentak, dimulainya kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2018 serta gelaran Asian Games Ke-18 dan Asian Para Games Ke-3. Semuanya digelar secara berurutan tahun.

Pemantauan oleh perusahaan media intelligence Isentia di sosial media menemukan sejumlah topik yang terbanyak dibicarakan netizen sepanjang tahun 2018, hingga 10 Desember lalu.

1. Polemik Susu Kental Manis (SKM)

Polemik susu kental manis menjadi topik terhangat mulai pertengahan tahun 2018. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menanggapi polemik tersebut dengan mengeluarkan surat edaran terkait penggunaan dan larangan produk kental manis pada anak-anak.

Isentia mencatat lebih dari 11 ribu total buzz di media sosial mulai awal Mei hingga akhir Agustus 2018. Puncak tertingginya terjadi pada 9 Juli, sebagian besar pendapat netizen atas isu tersebut.

Baca juga  WhatsApp 'Dark Mode' Untuk Android Resmi Diuji Coba, Seperti Apa Ya?

2. Asian Game Ke-18

Pada bulan Agustus hingga Oktober Asia Games ke-18 dan Asian Para Games menjadi trending topik di Twitter. Dari kedua event tersebut Indonesia berhasil mengumpulkan 98 medali dan 135 medali.

Selama periode tersebut, Isentia menemukan total lebih dari 614 ribu buzz online di media sosial seputar Asian Games. Angka tersebut di antaranya percakapan di Twitter sebanyak lebih dari 21 ribu buzz. Puncaknya pada 7 Oktober terkait pembukaan Asian Games.

3. Pertemuan IMF-AM 2018 di Bali

topik populer di media sosial tahun 2018
Bali, Indonesia

Masih di bulan Oktober, Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk pertemuan IMF-AM 2018 di Bali. Pertemuan internasional dengan tema “Voyage to Indonesia” tersebut membahas seputar investasi infrastruktur, kesepakatan bilateral, serta bantuan bencana.

Isentia menemukan total lebih dari 27 ribu buzz di media sosial. Puncaknya pada 8 Oktober, pembicaraan netizen terkait dengan anggaran pertemuan tahunan tersebut.

4. Gempa Bumi Palu dan Donggala

Gempa bumi dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala pada 28 September lalu turut menjadi perbincangan netizen. Sebanyak 64.464 total buzz membicarakan gempa bumi dan tsunami di Palu dan Donggala pada 28 September lalu. Momentum tertinggi terjadi pada 3 Oktober terkait bantuan pasca bencana.

Baca juga  Catat! Ini Dia Daftar Ponsel Xiaomi yang Bakal Kebagian Android Pie

Bencana ini menewaskan 2.000 orang, 12.500 orang terluka dan 200.000 menjadi pengungsi menurut data Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN).

5. Jatuhnya Pesawat Lion Air

Berselang satu bulan kemudian, bencana kembali melanda Indonesia. Pada 29 Oktober, terjadi insiden jatuhnya Lion JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang di perairan sebelah utara Karawang, Jawa Barat. Tercatat lebih dari total 129 ribu buzz sepanjang 29 Oktober hingga 30 November 2018.

6. Kurs Rupiah Melemah

Fluktuasi kurs Rupiah yang melemah hingga Rp 15.240 per dolar AS pada 30 Oktober tak luput dari perhatian netizen. Total ada sebanyak 6.689 buzz media sosial yang sebagian besar dari perbincangan tersebut bernada negatif.

7. Perkembangan Fintech

Di sisi lain, perkembangan fintech di Indonesia juga ramai diperbincangkan. Total tercatat lebih dari 215 ribu buzz di media sosial. T-Cash, OVO, GO-Pay menjadi merek yang paling banyak diperbincangkan sepanjang tahun 2018.