Cara Melacak Ponsel Xiaomi yang Hilang Lewat Mi Cloud

Cara Melacak Ponsel Xiaomi yang Hilang Lewat Mi Cloud
Mi Cloud

Xiaomi menawarkan ponsel pintar dengan spesifikasi tinggi namun dijual di harga terjangkau. Tak hanya itu, ponsel Xiaomi juga mempunyai antarmuka sendiri, yakni MIUI.

Karena itu, ponsel Xiaomi memiliki banyak fitur unik yang membuat pengguna susah pindah ke lain hati. Salah satu fitur yang jadi andalan Xiaomi adalah Mi Cloud.

Mi Cloud di Xiaomi berguna untuk memaksimalkan fungsi ponsel Xiaomi. Beberapa fitur yang ada membutuhkan layanan Mi Cloud untuk berfungsi dengan baik, seperti layanan aplikasi dan layanan penyimpanan awan sebagai fungsi utamanya.

Cara Melacak Ponsel Xiaomi yang Hilang Lewat Mi Cloud

Setiap pengguna yang mendaftar Akun Mi, maka akan mendapatkan ruang penyimpanan awan sebesar 5 GB. Sehingga cukup untuk sinkronisasi dan menyimpan berbagai file.

Tak hanya sebagai layanan penyimpanan awan untuk menyimpan berbagai macam file. Mi Cloud juga bisa dijadikan fitur untuk melacak hape Xiaomi yang hilang atau lupa menaruh sehingga tertinggal di suatu tempat.

Agar bisa melacak keberadaan hape yang hilang, pastikan di hape tersebut sudah menggunakan Mi Cloud. Bisa dibuat dengan cara buka Setelan > Akun Mi. Login membuka Mi Cloud atau daftar untuk membuat akun.

Baca juga  Tips Penting Memilih Smartphone yang Cocok Buat Selfie

Selain itu, kamu juga harus mengaktifkan opsi Find My Device. Biasanya ada di menu Setelan > Setelan tambahan > Privasi > Aplikasi admin perangkat.

Setelah membuat akun, harap diingat data login berupa username dan password. Selanjutnya bisa menggunakan fitur Find My Device dengan cara berikut.

  1. Login ke Mi Cloud dengan Akun Mi.
  2. Pilih menu Find My Device.
  3. Pilih hape yang ingin dicari.
  4. Kemudian pilih Locate Device.
  5. Lokasi ponsel akan terlacak dalam peta Mi Cloud.

Jika ponsel yang kamu cari dalam keadaan menyala. Maka peta Mi Cloud akan menampilkan lokasi dimana perangkat tersebut berada.

Jika hape tersebut dalam keadaan silent. Maka kamu bisa membuat hape tersebut berbunyi lewat menu Noise Mode, biasanya ada di bagian bawah peta.

Terkadang, pengguna Xiaomi memilih untuk tidak mengaktifkan Akun Mi karena berbagai alasan tertentu.

Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa melacak keberadaan ponsel yang hilang menggunakan laptop/PC atau ponsel teman lewat aplikasi Find My Device milik Google.

Baca juga  Cara Mudah Meminta Verifikasi Centang Biru di Instagram

Caranya cukup mudah, install aplikasinya, jika menggunakan ponsel teman kamu bisa login sebagai tamu menggunakan email yang digunakan di ponsel yang hilang.