Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di Xiaomi MIUI 12

Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di Xiaomi MIUI 12

Pusat kontrol di smartphone adalah kumpulan pintasan kontrol cepat untuk mengakses pengaturan tertentu. Setiap smartphone memiliki pusat kontrol, baik yang menjalankan sistem operasi Android maupun iOS.

Meski sama-sama memiliki pusat kontrol, namun desain tiap brand berbeda. Sebagai contoh pusat kontrol smartphone Samsung, OPPO, Vivo, Xiaomi dan lainnya berbeda. Meskipun beberapa di antaranya memiliki cara akses yang sama.

Nah, berbicara tentang desain pusat kontrol, Xiaomi membawa perubahan besar pada update MIUI 12. Salah satunya kehadiran Pusat Kontrol terbaru, dimana pusat kontrol di Xiaomi sudah terpisah dengan bar notifikasi.

Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol di Xiaomi MIUI 12

  • Buka Pengaturan.
  • Pilih menu Tampilan.
  • Pilih menu Pusat kontrol & Layar notifikasi.
  • Terakhir, aktifkan Gunakan pusat kontrol yang baru.
Cara Mengaktifkan Pusat Kontrol Baru di Xiaomi MIUI 12

Cara akses pusat kontrol di Xiaomi lebih pendekatan ke iPhone, dimana geser ke bawah dari sisi kanan atas untuk membuka pusat kontrol. Sedangkan geser dari sisi kiri atas untuk membuka panel notifikasi.

Tak hanya cara akses, desain pusat kontrol di Xiaomi juga lebih menarik dari versi lama. Pintasan di pusat kontrol dibuat lebih simple dan bersih. Akses langsung ke pengaturan tiap pintasan tombol juga lebih mudah.

Baca juga  Cara Menampilkan Info Pemilik di Layar Kunci Xiaomi

Cukup tekan dan tahan, maka kita akan langsung dibawa ke pengaturan tiap pintasan tombol. Sebagai contoh pintasan tombol Hotspot Portabel. Klik dan tahan tombol tersebut dalam beberapa detik.

Selanjutnya kita akan dibawa ke pengaturan Hotspot Portabel. Begitu pula dengan pintasan tombol lainnya. Cara yang sangat mudah untuk masuk ke pengaturan tiap fungsi di pusat kontrol.

Pusat kontrol baru ini sudah bisa digunakan di perangkat yang sudah upgrade ke MIUI 12. Bagi kamu yang sudah upgrade tapi belum mendapatkan tampilan pusat kontrol yang baru.

Silahkan aktifkan pusat kontrol yang baru di Xiaomi MIUI 12 secara manual, karena setelah upgrade pusat kontrol tidak aktif secara default. Xiaomi masih menyediakan pusat kontrol yang lama jika belum terbiasa dengan yang baru.