Cara Merekam Layar HP Samsung Tanpa Download Aplikasi

Cara Merekam Layar HP Samsung Tanpa Download Aplikasi

Cara merekam layar di smartphone Samsung sangat mudah dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga karena kita bisa menggunakan fitur perekam layar (screen recording) bawaan.

Menariknya, perekam layar bawaan Samsung ini bisa merekam suara internal dan suara dari mikrofon. Merekam suara internal cocok untuk kamu yang ingin merekam game.

Sedangkan merekam suara internal dan dari mikrofon secara bersamaan cocok untuk kamu yang ingin bermain game sambil berbicara seperti sedang live streaming.

Nah, untuk cara merekam layar Samsung tanpa aplikasi silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Setting Perekam Layar HP Samsung

Cara Merekam Layar HP Samsung Tanpa Download Aplikasi
  • Pergi ke Pengaturan.
  • Pilih Fitur Lanjutan.
  • Pilih Gambar layar dan perekam layar.
  • Lalu, masuk ke Pengaturan perekam layar.
  • Silahkan atur sumber audio dan kualitas video.

Pengaturan untuk audio ada tiga, yaitu tanpa suara, suara media untuk merekam suara internal, serta suara media dan mikrofon untuk merekam suara internal dan suara dari mikrofon secara bersamaan.

Cara Merekam Layar HP Samsung (One UI 2)

Sedangkan untuk cara merekam layar, kamu bisa akses tombol perekam layar melalui panel notifikasi dengan cara swipe layar dari atas kebawah untuk membuka panel notifikasi.

Baca juga  Cara Blokir Panggilan dari Nomor Tertentu di Samsung Galaxy One UI

Selanjutnya kamu bisa cara tombol perekam layar di pusat aplikasi yang ada dalam panel notifikasi. Kamu bisa geser untuk mencari, lalu memindahkan tombol ke posisi yang mudah dijangkau.

Cara menampilkan sentuhan di screen recorder Samsung

Bagi yang ingin membuat video tutorial fitur perekam layar ini memang belum menyediakan pengaturan untuk menampilkan visual sentuhan dalam perekam layar.

Namun kamu tidak perlu khawatir karena kita tetap bisa merekam sentuhan pada layar. Caranya dengan masuk ke developer mode (mode pengembang).

Bagi kamu yang belum mengaktifkan mode pengembang bisa aktifkan terlebih dahulu dengan cara. Buka Pengaturan > Tentang ponsel > Informasi perangkat lunak, lalu klik info Nomor versi beberapa kali sampai developver mode aktif.

Selanjutnya kembali ke Pengaturan, lalu masuk ke Developer Mode yang ada di urutan paling bawah menu pengaturan. Selanjutnya gulir cari pengaturan Tampilkan Tap, lalu aktifkan.

Kekurangan mengaktifkan melalui developer mode yaitu harus diaktifkan dan dinonaktifkan secara manual. Namun itu seharusnya tidak menjadi masalah.