Cara Screenshot Samsung Galaxy A13 dengan atau Tanpa Tombol

Cara Screenshot Samsung Galaxy A13

Samsung akhirnya resmi merilis Galaxy A13 di Indonesia. Smartphone ini merupakan penerus dari pendahulunya yakni Samsung Galaxy A12 yang cukup laris di pasaran ponsel Rp 2 jutaan.

Seperti pendahulunya, Galaxy A13 juga dijual dengan rentang harga yang kurang lebih sama untuk varian memori yang sama. Kemunculan penerus sudah menjadi tradisi produsen ponsel terutama Samsung.

Sebagai penerus tentu saja ada peningkatan dari seri pendahulu, seperti desain kamera belakang yang mengusung modul kamera mirip seri Galaxy A32 dengan tata letak mirip seri Galaxy A52/A72 tanpa housing yang menonjol.

Di sektor layar juga mengalami peningkatan signifikan seperti ukuran layar menjadi 6,6 inci dengan resolusi Full HD. Samsung A13 juga telah dibekali pelindung layar Gorilla Glass 5.

Spesifikasi yang menangani performa juga ditingkatkan, seperti penggunaan chipset Exynos 850, CPU dan GPU yang lebih bisa diandalkan serta banyak lagi peningkatan lainnya.

Sementara itu dari segi fitur masih sama, khasnya antarmuka One UI versi terbaru saat ini yakni One UI 4. Salah satu fitur yang akan kita bahas kali ini yaitu screenshot di Samsung Galaxy A13.

Cara Screenshot Samsung A13

Cara Screenshot Samsung A13

Screenshot Tombol Fisik

Cara tradisional ini sama dengan seri Galaxy pada umumnya, yakni menggunakan kombinasi tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan.

Banyak dibaca :  Cara Merekam Layar HP Samsung Galaxy A22 dan A22 5G

Caranya tekan tombol power dan tombol volume bawah secara bersamaan kemudian layar akan berkedip tanpa berhasil mengambil screenshot.

Screenshot Tanpa Tombol Lewat Menu Asisten

menu asisten samsung a13

Untuk menggunakan screenshot lewat menu asisten kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu dengan cara:

  • Buka Pengaturan ponsel.
  • Scroll ke bawah lalu buka menu Aksesibilitas.
  • Kemudian pilih Interaksi dan kecekatan.
  • Selanjutnya aktifkan Menu asisten lalu akan muncul tombol melayang (ikon 4 kotak).
  • Jika tombol tersebut dibuka maka akan muncul tombol pintasan, untuk mengambil screenshot tekan pintasan Gambar layar.
  • Kamu bisa atur pintasan melalui Pengaturan menu yang ada dalam pintasan (geser untuk melihat).
  • Di dalam pengaturan tersebut buka Pilih item Menu asisten. Selanjutnya kamu bisa menggeser, menambah atau mengurangi item yang tampil dalam menu asisten.

Screenshot Panjang Samsung A13

mengaktifkan bilah alat gambar layar

Untuk mengambil screenshot panjang kamu perlu mengaktifkan Bilah alat gambar layar yaitu panel yang muncul di bagian bawah layar setelah berhasil mengambil screenshot.

Bilah alat gambar tersebut berisi tombol untuk screenshot panjang, edit dan potong hasil screenshot, tag dan tombol bagikan screenshot.

bilah alat gambar layar samsung a13

Untuk cara mengambil screenshot panjang, kamu bisa ambil screenshot menggunakan salah satu cara di atas, kemudian layar berkedip dan muncul bilah alat gambar di bagian bawah layar.

Banyak dibaca :  Cara Screenshot Samsung A32, A72 dan A52 Series dengan atau Tanpa Tombol

Selanjutnya tekan tombol screenshot panjang (tombol dengan panah dua ke bawah). Pastikan kamu screenshot halaman yang bisa di-scroll karena tombol screenshot panjang hanya muncul pada halaman yang bisa digulir (di-scroll).