Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9

Xiaomi resmi memboyong Redmi 9 ke Indonesia pada bulan Juli 2020. Smartphone kelas entry-level ini hadir dengan bobot 198 gram, lebih berat dari pendahulunya Redmi 8 yaitu 188 gram.

Wajar saja, secara dimensi Redmi 9 (163.3 x 77 x 9.1 mm) lebih besar dari Redmi 8 (156.5 x 75.4 x 9.4 mm). Meskipun lebih bongsor dari pendahulunya, namun Redmi 9 memiliki bodi yang lebih tipis.

Sementara itu dari segi desain, Redmi 9 memberikan penyegaran di bagian belakang. Terdapat lingkaran bertekstur mulus yang mengitari kamera.

Kelebihan dan Kekurangan Redmi 9

Sedangkan di luar lingkaran tersebut bertekstur yang lebih kasar. Desain seperti ini membuat ponsel nyaman saat digenggam, terutama saat telapak tangan berkeringat.

Beralih ke bagian depan, Redmi 9 memiliki layar seluas 6,53 inci FHD Plus dengan desain waterdrop notch. Tidak ada yang berubah, masih sama dengan pendahulunya.

Dalam poni tersebut Xiaomi menempatkan kamera 8 MP f/2.0 (wide). Buka menjadi sektor andalan, namun kamera depan Redmi 9 punya kemampuan merekam video hingga resolusi 1080p pada 30 fps.

Sementara di bagian belakang terdapat konfigurasi AI Quad Camera, dimana kamera utama 13 MP f/2.2. Kamera utama ditemani tiga kamera lainnya masing-masing 8 MP ultrawide, 5 MP makro dan 2 MP depth sensor.

Baca juga  Redmi 7A Resmi Masuk Indonesia, Keunggulan dan Harganya?

Beralih ke sektor dapur pacu yang menjadi andalannya, Redmi 9 dibekali chipset Mediatek Helio G80, Octa-core 2.0 GHz yang diklaim lebih cepat 107% dari milik pendahulunya Redmi 8.

Sedangkan untuk mengolah grafis, Redmi 9 dibekali GPU Mali-G52 MC2. GPU ini diklaim Xiaomi memiliki peningkatan hingga 309% dari milik Redmi 8.

Sedangkan untuk mendukung kinerjanya, Redmi 9 membawa baterai jumbo 5.020 mAh. Redmi 9 sudah support pengisian daya cepat 18W. Namun pada paket penjualan hanya dibekali charger 10W.

Pengguna perlu membeli pengisi daya cepat secara terpisah dari paket penjualan. Bukan tanpa alasan, dengan strategi tersebut Xiaomi bisa menekan harga Redmi 9.

Harga Redmi 9

Redmi 9 tersedia dalam dua varian memori, yaitu Redmi 9 RAM 3GB + memori internal 64GB harga Rp 1.799.000 dan Redmi 9 RAM 4GB + memori internal 64GB dijual dengan harga Rp 1.949.000.

Kelebihan dan kekurangan Redmi 9

Tidak banyak yang bisa disampaikan tentang kelebihan dan kekurangan Redmi 9 ini. Meski begitu, kami rangkum kelebihan dan kekurangan Redmi 9 berdasarkan pendapat tim Digitaltren.id berikut ini.

Baca juga  Cara Mengambil Screenshot Panjang di Xiaomi (Semua Versi)

Kelebihan Redmi 9

  • Desain belakang unik dengan tekstur lingkaran.
  • Memiliki layar luas 6,53 inci dengan resolusi FHD+.
  • Performa tangguh, cocok untuk kamu yang suka bermain game.
  • Baterai jumbo didukung fast charging.
  • Punya empat kamera belakang.
  • Support NFC.

Kekurangan Redmi 9

  • Pelindung layar Gorilla Glass 3 tidak seperti Redmi 8 yang sudah menggunakan Gorilla Glass 5.
  • Charger 18W tidak termasuk dalam paket pembelian.

Sekali lagi, kelebihan dan kekurangan di atas hanya pendapat tim Digitaltren.id yang membandingkan dengan smartphone di kelasnya dan pendahulunya.

Kelebihan dan kekurangan Redmi 9 tersebut mungkin hanya detail kecil bagi sebagian pengguna, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan.