Acer Aspire Vero 14”: Ramah Lingkungan, Kini dengan Intel Core Generasi ke-12

Review Acer Aspire Vero 14”
Review Acer Aspire Vero 14”

Acer bulan Oktober lalu memperkenalkan generasi terbaru Acer Aspire Vero 14”, laptop ramah lingkungan dengan performa lebih unggul dari seri sebelumnya & dalam ukuran lebih ringkas. Peluncuran Acer Aspire Vero terbaru hadir sebagai wujud komitmen berkelanjutan dari Acer, yakni menghadirkan inovasi yang sejalan dengan gaya hidup yang lebih memperhatikan lingkungan. Masih sama seperti sebelumnya, Acer Aspire Vero generasi terbaru dibuat dari material plastik daur ulang yang telah dipakai konsumen, alias plastik post-consumer recycled (PCR).

Pada kesempatan ini, kami berkesempatan untuk mencoba seri Aspire Vero terbaru ini yang bisa dibilang cukup banyak membawa peningkatan. Walau hadir dalam dimensi yang lebih ringkas, material alias komponen dasar yang digunakan masih kebanyakan terbuat dari material yang ramah lingkungan. Selain membuat produksi perangkat lebih hijau, laptop Acer generasi terbaru satu ini juga dirancang agar mudah didaur ulang, sekaligus tahan untuk pemakaian jangka panjang.

Selain dari segi material, komitmen keberlanjutan diwujudkan dalam fitur khusus software. Tak hanya perangkat, kemasan atau boks milik Aspire Vero 14” juga dirancang lebih ramah lingkungan dengan berbagai fungsi tambahan. Berikut beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh laptop ramah lingkungan nan maksimal satu ini.

Performa Tangguh

Review Acer Aspire Vero 14”
Acer Aspire Vero 14”

Pembahasan pertama kami akan membahas mengenai prosesor yang digunakan pada laptop ini. Acer Aspire Vero generasi terbaru mengedepankan performa yang lebih baik, berkat dukungan prosesor Intel Core generasi ke-12. Prosesor ini dibuat dengan arsitektur hybrid, memiliki total 10 Core (2P Core + 8E Core), di mana masing-masing jenis inti bisa berikan performa dan efisiensi daya maksimal, menyesuaikan skenario penggunaan masing-masing. Dipadukan dengan GPU Intel Iris Xe, Aspire Vero 14” juga sudah tersertifikasi oleh Intel Evo platform. Berikan jaminan standar tinggi layaknya ultrabook premium, mulai dari tingkat responsivitas terbaik, baterai awet dengan dukungan fast charging, sampai dukungan konektivitas terbaik.

Baca juga :  Review Acer Swift X, Partner Pendukung untuk Kreasi Konten

Selain sudah gunakan prosesor Intel Core generasi terbaru, Acer Aspire Vero 14” memiliki RAM 8GB LPDDR4x dual channel serta penyimpanan internal seluas 512GB dengan jenis SSD NVMe Gen4. Khusus penyimpanan, dapat ditingkatkan oleh penggunanya, menjadi nilai tambah tersendiri. Tak lengkap bila tidak didukung oleh konektivitas prima, mulai Wi-Fi 6E hingga standar Thunderbolt 4 lewat port USB-C untuk sambungan ke perangkat eksternal dengan kecepatan transfer data terbaik.

Desain Eco-Friendly

Review Acer Aspire Vero 14”
Acer Aspire Vero 14”

Pembahasan menarik selanjutnya yaitu dari segi desain dan material yang unik dan tidak biasa. Integrasi material plastik PCR pada laptop Acer Aspire Vero 14” dilakukan secara menyeluruh sehingga mendukung keutuhan desain. “Eco-design” laptop ini dapat dilihat dari posisi unik tombol R dan E yang diposisikan berlawanan, mengingatkan pengguna terhadap proses daur ulang alias recycle. Struktur honeycomb pada sasis ditujukan agar kerangka bodi lebih kuat, sementara permukaan lapisan bertekstur bebas cat memberikan aksen unik, dihasilkan dari proses daur ulang dan bermakna ajakan untuk mengurangi polusi.

Tampil dalam balutan warna biru (Marianna Blue), warna baru Acer Aspire Vero 14” terinspirasi dari permasalahan sampah yang mencemari lautan. Uniknya, warna tersebut bukan berasal dari penggunaan cat, melainkan dari pemilahan dan daur ulang penggunaan sampah-sampah plastik yang memiliki warna serupa, dengan bintik-bintik putih yang unik pada setiap unitnya. Penggunaan plastik daur ulang ini diklaim dapat mengurangi dampak negatif dari senyawa organik volatil atau volatile organic compounds (VOCs).

Baca juga :  Review Acer Aspire Vero National Geographic, Laptop Edisi Spesial Dukung Pelestarian Lingkungan

Kemasan Yang Unik dari Kertas Daur Ulang

Review Acer Aspire Vero 14”
Acer Aspire Vero 14”

Tidak hanya bodi dan material perangkat saja yang ramah lingkungan, namun kemasan atau boks Aspire Vero 14” juga dirancang ramah lingkungan. Tidak lagi menggunakan busa LPDE, material kotak laptop satu ini dibuat dengan menggunakan kertas daur ulang hingga 90%. Selain itu, untuk lebih mengurangi dampak terhadap lingkungan, Acer tidak menggunakan plastik sebagai pembungkus adaptor charger. Kemasan laptop dan lembaran keyboard Vero terbuat dari polyester daur ulang, alias tidak menggunakan material bahan baru.

Kotak kemasan Acer Aspire Vero 14” juga tidak sekadar ramah lingkungan, namun juga dapat dirakit dan digunakan kembali untuk berbagai kebutuhan. Seperti stand laptop ergonomis, atau sebagai kotak penyimpanan maupun pot tanaman. Sehingga memberikan fungsi baru untuk memperpanjang masa pakainya, bisa disesuaikan dengan keperluan para pemiliknya, alih-alih hanya menyimpannya atau membuang kotak kemasan.

Didukung Sejumlah Fitur Produktivitas Unggulan

Review Acer Aspire Vero 14”
Acer Aspire Vero 14”

Selain tampil trendi dengan dimensi lebih kompak, Aspire Vero terbaru kali ini mengusung layar IPS berukuran 14 inci. Resolusinya sendiri sudah cukup tinggi yakni Full HD, gunakan rasio standar 16:9 yang lebih pas untuk menikmati konten hiburan. Sementara bagi para konten kreator, dukungan cakupan warna 100% sRGB memastikan agar konten yang dibuat maupun dilihat sudah terjamin akurasinya.

Baca juga :  Review Aspire 5 Slim Creator Edition: Bekerja Multitasking Makin Maksimal dan Praktis Dibawa Kemana Saja

Pada sisi atas layar, sudah disematkan sebuah webcam berkualitas tinggi dengan resolusi full HD, memastikan agar wajah terlihat lebih detail dan tajam dalam berbagai kondisi pencahayaan. Tak hanya itu, juga terdapat sejumlah mikrofon yang dirancang agar pas untuk meeting virtual. Secara otomatis mereduksi noise di sekitar, agar suara pengguna tetap terdengar jelas meski sedang bekerja di luar kantor, seperti di kafe dan tempat umum lainnya.

Acer Aspire Vero 14” juga mampu menangkap sinyal jaringan nirkabel dengan andal, berkat dukungan standar Wi-Fi 6E. Plus, opsi konektivitas yang lengkap. Sebut saja port USB-C yang mendukung Thunderbolt 4, dua port USB-A yang juga berfungsi sebagai pengisi daya, audio combo jack, maupun port HDMI full-size. Dengan begitu, pengguna tak perlu membawa aksesori seperti dongle untuk sambungan dengan berbagai perangkat lain.

Harga dan Ketersediaan

Berminat dengan segala keunggulan yang ditawarkan oleh Acer Aspire Vero 14”? Laptop ini bisa dibeli secara offline, dan tentunya online melalui Acer eStore maupun e-commerce favorit kamu. Harga Acer Aspire Vero 14” dibanderol Rp 10.699.000. Dalam harga yang masih cukup terjangkau, kamu bisa mendapatkan sebuah laptop yang mendukung pesan hijau, namun juga membawa standar tinggi khas laptop dengan sertifikasi Intel Evo.

Pelanggan akan mendapatkan perlindungan ekstra 1 (satu) tahun Accidental Damage Protection (ADP) dan garansi servis 3 (tiga) tahun untuk pembelian green PC Acer Aspire Vero. Acer sudah melengkapi laptop ini dengan sistem operasi Windows 11 Home terbaru dan pre-installed Microsoft Office Home & Student 2021 yang siap digunakan.