Review Acer Predator Helios 300: Tetap Dingin di Performa Tertinggi

Review Acer Predator Helios 300
Acer Predator Helios 300

Bagi Anda yang sudah menantikan laptop Predator series generasi terbaru, Acer akhirnya resmi mendaratkan Predator Helios 300 (PH315-54) ke Indonesia. Laptop gaming ini tiba dengan peningkatan spesifikasi yang lebih bertenaga, serta teknologi pendingin canggih yang membuat kinerjanya tetap stabil dan optimal.

Lini laptop Predator dari Acer tentunya sudah sangat dikenal dengan kemampuannya mengakomodir kebutuhan gaming. Tak terkecuali dengan apa yang ditawarkan seri terbaru Predator Helios 300.

Berbekal teknologi dan fitur terbaru, kita bahas lebih lengkap kemampuan laptop ini artikel review laptop Predator Helios 300 berikut ini.

Desain Baru dengan Teknologi 3D Aero Blade Gen 5

Acer menerapkan desain baru di laptop gaming terbarunya ini. Bagian sasis yang dibuat dari material logam kini dibalut dengan aksen biru kehijauan yang disesuaikan dengan backlit keyboard.

Laptop ini terlihat memiliki bodi bulky dan kokoh yang terbuat dari material metal. Kesan gahar dan memiliki performa tinggi sangat terpancar dari desainnya. Dimensi dari laptop ini 363,4 x 255 x 22,9mm dan memiliki bobot sekitar 2,3 kg.

Bagian keyboard dari laptop Predator Helios 300 ini juga sudah dipercantik dengan adanya backlit RGB 4 zona dan penggunaan font Predator yang khas. Layout keyboard-nya juga tersedia lengkap hingga keberadaan numpad.

Fungsionalitas dari keyboard-nya juga turut ditingkatkan melalui hotkey Predator Sense dan Turbo terbaru. Area tombol spasi yang diperbesar, dan tombol WASD, tombol panah, dan hotkey  Predator Sense yang didesain berbeda dengan tombol sekitarnya dengan finishing transparant serta bentuk cekung pada bagian bawah.

Banyak dibaca :  Acer Spin 3 Active: Laptop Convertible dengan Performa Mantap

Keberadaan tombol Turbo juga memungkinkan Anda mengaktifkan fitur overclocking dengan sangat mudah untuk meningkatkan performa dari laptop. 

Sementara di bagian layarnya dibuat dengan bezel setipis mungkin. Laptop Predator Helios 300 memiliki layar IPS dengan ukuran 15,6 inci dan memiliki resolusi QHD, menawarkan tampilan layar yang jernih di mata.  

Layarnya juga sanggup menampilkan gerakan yang smooth dan minim blur berkat adanya dukungan refresh rate 165Hz dan respons time 3ms. Fitur ini jelas sangat berguna untuk gaming, terlebih untuk Anda yang bermain di scene kompetitif.

Panel layar dari Predator Helios 300 juga sudah mendukung DCI-P3 100%, yang mana juga cocok digunakan oleh para kreator konten.

Desain baru juga diterapkan Acer pada teknologi pendingin di laptop Predator Helios 300. Untuk menjaga suhu tetap rendah, Acer menggunakan sistem pendingin dua kipas yang mencakup salah satu kipas 3D AeroBlade generasi ke-5 milik Acer. 

Menurut Acer, desain kipas generasi terbaru ini terinspirasi oleh sayap burung hantu  yang memaksimalkan aliran udara dan meminimalkan kebisingan. Kipas pendingin terbaru dari Acer ini menawarkan

Bilah kipas setipis 0,08 mm yang baru mencakup tepi bergerigi, sayap kecil di bagian atas dan bawah, serta sirip melengkung di sepanjang bagian dalam setiap bilah. Desain ini menghasilkan peningkatan aliran udara hingga 55 persen dibandingkan dengan kipas plastik biasa. 

Ditambah lagi, laptop ini juga memiliki lubang udara masuk dan buang yang ditempatkan secara strategis. Ini membuat laptop tetap bisa dijalankan dengan performa maksimal dan tetap dalam suhu yang aman serta nyaman digunakan.

Ketersediaan port di laptop gaming ini juga tergolong lengkap. Mulai dari USB Type-C, port USB 3.2 Gen 2, DisplayPort over USB-C , USB Thunderbolt 4, USB charging 5 V, 1 port USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging, 2 port USB 3.2 Gen 1, port HDMI 2.1 with HDCP support, Mini DisplayPort 1.4, RJ-45, jack audio 3,5 mm dan port pengisian daya yang terpasang di bagian belakang.

Banyak dibaca :  Review AIO Acer Aspire C27-1655, Satu PC Minimalis dengan Semua Kemudahan

Kombinasi Performa Intel Core i7 Gen-11 dan RTX 3060/3070

Predator Helios 300 ini ditenagai prosesor Intel Core i7-11800H generasi-11 terbaru dengan 8 core dan 16 thread. Dengan kecepatan clock 4.60 GHz, prosesor ini siap melibas beragam tugas seperti  gaming, editing, sampai multi tasking yang berat. 

Pengolahan grafisnya juga menggunakan GPU NVIDIA terbaru, GeForce RTX 3060/3070. Kartu grafis GeForce RTX 3060/3070 sudah memakai Core RT terbaru generasi ke-2 serta Tensor core generasi ke-3 yang memiliki throughput hingga 2X lebih baik dari generasi sebelumnya.

Berkat kartu grafis ini, laptop mampu menghasilkan grafik ray-tracing realistis dan fitur AI DLSS paling mutakhir untuk meningkatkan FPS saat menampilkan grafik terbaik dari sebuah game. 

Kombinasi prosesor Intel Core i7-11800H dan kartu grafis NVIDIA GeForce RTX 3060/3070 sudah mampu menjalankan game seperti Cyberpunk 2077 dan game triple A lain dengan sangat lancar.

Laptop Predator Helios 300 Intel 11th Gen ini sudah dilengkapi dengan RAM jenis DDR4 sebesar 16GB, dan dapat diupgrade hingga 32GB. Sementara memori penyimpanannya berkapasitas 512 GB SSD yang bisa diupgrade hingga 2 TB memanfaatkan slot M.2 NVMe.

Jika jumlah penyimpanannya masih belum cukup, Anda masih bisa menambahkan HDD SATA dengan kapasitas maksimal 2 TB.

Fitur Pendukung

Predator Helios 300 dilengkapi software Predator Sense yang memungkinkan pengguna mengetahui kondisi terkini dari kinerja PC serta dapat mengendalikan semuanya secara bersamaan dari satu tools

Banyak dibaca :  Review Acer Swift 5 Antimicrobial: Laptop Stylish yang Anti Bakteri

Di menu Predator Sense pengguna dapat mengetahui parameter informasi penting seperti CPU clock rate, temperatur, dan fan speed. Mulai dari mengendalikan kecepatan kipas,   mengatur  lighting effect  hingga overclock GPU dapat dikendalikan melalui software ini.

Laptop gaming ini juga didukung teknologi Intel Wi-Fi 6 (Gig+) yang menawarkan kecepatan koneksi yang lebih baik. Tersemat juga fitur Killer DoubleShot Pro yang dapat digunakan untuk menghasilkan jaringan yang cepat dan bebas lag ketika bermain game online.

Pengalman bermain game di laptop ini akan terasa lebih nyata berkat adanya dukungan fitur DTS: X Ultra. Fitur pendukung audio ini dapat mengoptimalkan efek bass dan tingkat kekerasan suara yang dihasilkan dari speaker laptop.

Predator Helios 300 ini juga sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Acer juga memberikan bonus tambahan berupa aplikasi Office Home & Student 2019.

Kesimpulan

Sebagaimana yang juga telah dilakukan laptop generasi sebelumnya, Predator Helios 300 versi 2022 mampu menghadirkan performa gahar dengan dukungan spesifikasi dan fitur termutakhir. Kombinasi performa dari Intel Core gen-11 dan NVIDIA GeForce RTX 3060/3070, serta dukungan fitur lainnya jelas sangat bisa diandalkan oleh para gamers. 

Ditambah lagi, Acer juga memudahkan penggunanya untuk melakukan upgrade kapasitas RAM dan memori internal. Dengan kelebihan ini, pengguna bisa lebih leluasa meningkatkan kemampuan dari laptop sesuai dengan yang keinginannya.Untuk Anda yang berminat memiliki laptop gaming terbaru dari Acer ini, Predator Helios 300 sudah bisa dibeli di Indonesia melalui eStore Acer dengan banderol harga mulai dari Rp 23 jutaan.