Tips Menghemat RAM untuk Android Paling Ampuh, Dijamin HP Enggak Lemot

Tips Menghemat RAM untuk Android

Smartphone Android saat ini sudah dibekali sejumlah fitur canggih, salah satunya fitur manajemen memori. Meski demikian, manajemen RAM itu penting dilakukan secara manual dari segi penggunaan.

Sementara fitur bawaan mengoptimalkan RAM, kita bantu sistem smartphone menghemat RAM dari kebiasaan penggunaan kita. Salah satu caranya dengan membuang aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan setelah install.

Nah, berikut ini Digitaltren.id akan memberikan beberapa tips yang mampu menghemat dan mengoptimalkan penggunaan RAM tanpa memerlukan aplikasi tambahan apapun.

Tips Menghemat RAM untuk Smartphone Android

1. Cek Aplikasi yang Boros RAM

Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang boros dalam mengkonsumsi baterai dan RAM. Cara mengetahui aplikasi-aplikasi tersebut yaitu dengan cara memeriksa aplikasi yang banyak mengkonsumsi daya baterai.

Jika kamu menemukan aplikasi yang tidak digunakan namun menghabiskan banyak daya, maka aplikasi tersebut termasuk yang boros RAM. Kamu bisa hapus aplikasi tersebut atau batasi aplikasi berjalan di background.

2. Jangan Gunakan Aplikasi RAM Booster atau Task Killer

Banyak yang salah bahwa aplikasi task killer atau RAM booster bisa menghemat atau melegakan RAM. Padahal sebenarnya aplikasi tersebut yang menggunakan banyak RAM.

Baca juga  Cara Merekam Video Call di Semua Ponsel Xiaomi dan Redmi

Sebaiknya jangan digunakan karena saat ini hampir semua merek smartphone menyediakan fitur pengoptimalan sendiri, baik dalam penggunaan baterai maupun RAM.

3. Matikan Izin Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Tips yang satu ini paling penting, kamu bisa matikan izin aplikasi untuk berjalan di background. Jadi aplikasi hanya berjalan saat dibuka saja. Tentu saja tidak memakan banyak memori maupun daya baterai ketika sedang tidak digunakan.

Semua merek smartphone Android memiliki pengaturan untuk mematikan izin aplikasi berjalan di background ini. Silahkan kamu periksa melalui info aplikasi atau masuk melalui menu pengaturan aplikasi.

Dengan mematikan aplikasi yang jarang digunakan atau aplikasi yang boros RAM untuk berjalan di latar belakang. Maka, kamu bisa tetap menginstall aplikasi-aplikasi tersebut.

Meski begitu, tetap harus pertimbangkan untuk tidak menyimpan aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan. Sebab, tidak hanya soal penggunaan RAM dan daya baterai, tapi juga soal memori internal smartphone kamu.

Demikianlah tips menghemat RAM smartphone Android versi Digitaltren.id. Jika masih ada yang perlu disampaikan, kamu bisa tulis di kolom komentar, ya!