WhatsApp Rilis Fitur Baru ‘Cari di Web’ untuk Penangkal Hoax

Fitur Baru WhatsApp Cari di Web

WahtsApp resmi meluncurkan fitur ‘Cari di Web‘ untuk cek fakta yang dibagikan pengguna melalui ruang percakapan. Jadi, lebih mudah bagi pengguna memeriksa apakah suatu informasi akurat.

Dalam kurun waktu lebih dari satu tahun terakhir WhatsApp telah melakukan sejumlah langkah untuk menghentikan penyebaran informasi palsu.

WhatsApp Batasi Forward Pesan

Sebelumnya, WhatsApp memperbarui jumlah pesan yang bisa diteruskan pengguna menjadi lima kali. Tak hanya itu, WhatsApp juga memberi label panah untuk pesan diteruskan.

Dengan begitu pengguna bisa dengan mengetahui bahwa pesan yang mereka terima merupakan pesan yang diteruskan. Sedangkan pesan yang sudah berkali-kali dibagikan ditandai dengan ikon panah ganda.

Fitur WhatsApp Cari di Web

Fitur WhatsApp Cari di Web
Fitur WhatsApp Cari di Web (Gambar: WhatsApp Blog)

Tidak hanya membatasi jumlah ‘pesan diteruskan‘ di dalam ruang obrolan, WhatsApp juga menambahkan fitur ‘Cari di Web’ yang lebih aman.

Jika kamu mendapatkan pesan yang diteruskan dari orang lain, kamu bisa periksa ulang informasi pesan tersebut dengan mengetuk ikon kaca pembesar di sebelahnya.

Selanjutnya akan muncul dialog, apakah kamu ingin mencari informasi pesan tersebut di web. Kamu akan diarahkan ke Google untuk menemukan informasi untuk menyelesaikan keraguan akan keakuratannya.

Baca juga  WhatsApp 'Dark Mode' Untuk Android Resmi Diuji Coba, Seperti Apa Ya?

Sementara itu, fitur ini baru diluncurkan di Amerika Serikat, Brazil, Inggris, Italia, Irlandia, Meksiko, dan Spanyol. Untuk mendapatkan fitur ini kamu harus update aplikasi WhatsApp Android, iOS dan WhatsApp Web.

Sedangkan untuk informasi kapan fitur ini akan menyambangi pengguna di Indonesia belum ada informasi resminya. Jadi, sabar saja. Kemungkinan kita akan merasakannya dalam beberapa minggu ke depan.