Bisa Dicoba Nih! Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Pernahkah kamu secara tidak sengaja menghapus foto di smartphone? Kesalahan kecil seperti ini memang sering terjadi pada pengguna smartphone. Jika foto yang terhapus merupakan foto penting, sebaiknya kamu jangan panik dulu.

Panik tidak akan menyelesaikan masalah, kamu harus segera mengambil tindakan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyelesaikan masalah ini.

Nah, kamu bisa mencoba salah satunya seperti cara yang kami bagikan berikut ini.

Cara Recovery Foto Terhapus Menggunakan Aplikasi Khusus

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di HP Android

Sebenarnya di Play Store banyak tersedia aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan foto yang terhapus secara tidak sengaja. Namun kami menyarankan aplikasi DiskDigger photo recovery yang bisa kamu download di Play Store.

Setelah selesai mendownload, sebelum menggunakan aplikasi silahkan matikan data seluler dan WiFi di smartphone kamu. Tujuannya agar file yang terhapus baik itu foto, video, audio dan dokumen lainnya tidak terhapus.

Selain itu, kamu juga perlu mematikan aplikasi cleaner di ponsel yang dapat menghapus file secara permanen, sehingga nantinya aplikasi tidak dapat dipulihkan kembali.

Baca juga  Cara Menonaktifkan 'Status Aktif' di Facebook iOS dan Android

Jika kamu baru-baru ini menghapus file tanpa sengaja, seharusnya aplikasi DiskDigger dapat menemukannya. Setelah foto tersebut ditemukan, kamu bisa mengembalikan ke penyimpanan ponsel atau mencadangkan ke layanan cloud.

Jika aplikasi tidak menemukan foto yang terhapus, kamu bisa masuk ke pengaturan lalu menghilangkan centang pada faktor ukuran file minimum. Kemudian coba lagi mencari file yang terhapus tidak sengaja.

Selain itu, perlu kamu ketahui bahwa aplikasi DiskDigger sendiri memiliki kemampuan yang terbatas pada perangkat yang tidak di-root. Terutama saat memulihkan gambar dari cache thumbnail, sehingga kualitas gambar akan menurun.

Jika ingin mendapatkan file dalam ukuran asli, perangkat kamu perlu di-rooting dan menggunakan aplikasi DiskDigger versi Pro atau versi berbayar.

Setelah kamu berhasil memulihkan foto yang terhapus, sebaiknya berusaha untuk tidak mengulangi masalah yang sama. Seperti kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi, pastikan kamu selalu mem-backup file-file penting di ponselmu.